Suguhkan Teknologi Pertanian Terkini Bagian 2

Siapapun yang terpilih menjadi Presiden Indonesia, maka pemerintah adalah mitra kerja KTNA. “KTNA tetap konsisten membantu permasalahan petani dan nelayan serta mensukseskan program pemerintah,” tegas Winarno dalam sambutannya. Menurut Momon Rusmono, sebenarnya Menteri Pertanian Amran Sulaiman ingin sekali hadir di tengah-tengah acara KTNA ini. Tapi pada hari Jumat itu, Menteri Pertanian mendadak dipanggil Presiden Jokowi. “Beliau mohon maaf dan menyampaikan selamat ulang tahun KTNA ke-47.

Semoga KTNA tetap konsisten tidak ke mana-mana, (sehingga) membuat KTNA tetap diperhitungkan oleh yang perlu ada di mana-mana,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, itu. Mengendalikan Rekomendasi Impor Pemerintah, menurut Momon, telah melakukan berbagai upaya untuk membantu petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, yaitu infrastruktur produksi, pascapanen, dan pasar.

Terkait kebijakan, hal-hal yang telah dilakukan, pertama, merevisi Perpres pengadaan barang dan jasa di bidang pertanian dari sistem lelang ke penunjukan langsung atau e-katalog. Dengan penunjukan langsung atau ekatalog bisa mempercepat proses pengadaan. “Jadi kalau Pak Menteri atau ada petani butuh traktor, itu dalam seminggu dua minggu bisa dilaksanakan karena tidak lagi melalui proses lelang, itu melalui penunjukan langsung atau e-katalog,” terang Momon.

Kedua, melakukan pengalihan fokus anggaran untuk kegiatan produktif dan berorientasi pada kesejahteraan petani. Bantuan benih untuk lokasi baru dan tumpangsari tanaman, pengawalan upsus, deregulasi perizinan dan investasi, pengen dalian impor, dan mendorong ekspor. Selain itu melakukan antisipasi dini dan penanganan cepat terhadap banjir, ke keringan serta serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) melalui asuransi usahatani padi dan asuransi usaha ternak sapi.

Kebijakan pada aspek produksi dan pascapanen antara lain memberikan bantuan alat dan mesin pertanian, subsidi benih unggul, pembangunan embung, rehabilitasi jaringan irigasi, pengembangan lumbung pangan daerah perbatasan, peningkatan indeks pertanaman, dan kelahiran sapi. Untuk aspek pasar, upaya yang dilakukan adalah pengendalian rekomendasi impor produk pertanian strategis, mendorong ekspor komoditas pertanian, kebijakan penetapan harga pokok pembelian, serta membangun Toko Tani Indonesia.

Pengendalian pemberian rekomen dasi impor merupakan salah satu cara Kementerian Petanian melindungi petani dari serbuan pangan impor. “Kami (sangat) menghargai semangat dan perjuangan Bapak Menteri (Amran Sulaiman, Menteri Pertanian) yang tak kenal waktu dan rintangan dalam membantu petani. Mudah-mudahan Bapak Menteri terus melindungi kami dari serbuan impor yang semakin banyak ini,” timpal Winarno.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *